Beranda Fashion 7 Tips Berpakaian Saat Interview Kerja Agar Anda Sukses dan Diterima

7 Tips Berpakaian Saat Interview Kerja Agar Anda Sukses dan Diterima

136
0
Tips Berpakaian Saat Interview Kerja

7 Tips Berpakaian Saat Interview Kerja Agar Anda Sukses dan Diterima – Dalam dunia industri atau PT, jika kamu akan melamar pekerjaan pasti kamu akan ada yang namanya Internview. Dalam interview ini kita tidak bisa sembarang menggunakan pakaian, kita harus memperhatikan pakaian yang akan kita kenakan untuk tes wawancara atau interview. Nah maka dari itu saya akan memberikan tips berkaian untuk interview kepada kalian.

Wawancara kerja merupakan kesempatan kamu untuk menciptakan kesan pertama sebelum di terima di perusahaan yang kamu idamkan. Kesan pertama ini menjadi salah satu bahan pertimbangan HRD dalam menilai calon karyawannya. Oleh sebab itu, jangan sampai perusahaan idaman kamu menangkap kesan yang buruk saat bertemu kamu dalam sesi interview.

Baca Juga : Cara Meraup Keuntungan Lewat Instagram 

Cara berpakaian saat interview adalah salah satu aspek yang pertama kali dinilai oleh perusahaan. Jadi, bagi kamu para lulusa baru yang masih bingung menentukan pakaian yang tepat untuk dikenakan, kalian bisa simak tips berpakaian interview kerja berikut ini :

Tips Berpakaian Saat Interview

1. Interview Di Perusahaan Corporate

Jika kamu akan menghadiri interview di perusahaan corporate yang memiliki budaya kerja yang formal, mengenakan pakaian formal saat interview ini merupakan pilihan terbaik. Rok atau celana, kemeja, dan jas merupakan perpaduan yang akan memberikan kesan profesional, sehingga cocok dengan budaya perusahaan tersebut.

2. Pemilihan Kemeja

Kemeja merupakan pilihan pakaian yang paling ideal dikenakan dalam setiap sesi interview/wawancara. Kemeja dengan kancing atas yang dibuka memberikan kesan sederhana tetapi tetap formal.Bahannya sendiri bisa berupa katun, drill, sifon atau sutra.

Hal yang paling penting adalah pastikan kemeja yang kamu kenakan tidak terlalu ketat atau mengekspose bagian tubuh tertentu yang membuatmu tidak nyaman (Terutama Perempuan).

3. Hindari Celana Jeans

Meskipun kamu melamar kerja di industri yang kreatif, sebaiknya hindari memkai pakaian yang terkesan santai saat wawancara kerja. Rok atau celana bahan tetap menjadi pilihan yang sangat tepat.

Selain itu juga, pastikan bahan yang kalian kenakan tidak mudah kusut agar tidak memberikan kesan lusuh atau kurang baik dimata HRD / Pewawancara. Usahakan kamu berada di lokasi lebih awal sehingga kamu masih punya waktu memeriksa penampilanmu di toilet.

4. Tambahkan Menggunakan Jas

Jas dapat kamu kenakan sebagai atribute pelengkap yang akan membuatmu lebih terlihat profesional. Jas dengan warna gelap akan mempertegas penampilan kamu, namun demikian, pemilihan warna dan motifnya tidak oleh sembarangan ya!

5. Pemilihan Warna Pakaian

Saat wawancara kerja, pakaian yang berwarna hitam atau warna yang gelap akan membuatmu mengeluarkan aura serius dan berwibawa. Sedangkan pemilihan warna seperti abu” dapat mencerminkan pribadi yang cerdas dan juga mandiri.

Jika kamu menghadiri wawancara untuk pekerjaan yang membutuhkan level kerja tim yang tinggi, kamu disarankan mengenakan warna biru tua atau biru navy. Wanra ini dipercaya dapat membuat siapapun yang memakainya tampak mudah diajak bekerja sama, serta mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Baca Juga : Tips Menjalankan Bisnis Dropship

Bila kalian memilih warna yang terang, pewawancara akan menilai kamu sebagai orang yang ceria dan mudah didekati. Walau demikian, jangan biarkan warna terlalu mencolok seperti warna merah atau jingga. Selain itu juga kamu di sarankan jika memilih warna terang dipadukan dengan dengan warna gelap juga.

6. Motif Pakaian

Supaya penampilan luar tidak terlalu polos, pakaian bermotif juga bisa menjadi solusinya. Namun kalian harus hindari motif yang terlalu mencolok yang dapat mengalihkan perhatian peawancara. Seperti bunga”, bintang”, atau abstrak.

7. Pemilihan Alas Kaki

Selain pakaian, kamu juga harus meperhatikan alas kaki yang kalian gunakan. Hindari sepatu yang menampakan ujung kakimu, seakan” menunjukan bahwa kamu akan pergi ke mall. Pilihlah sepatu yang ujungnya tertutup agar memberikan kesan profesional.

Jika kamu melamar ke perusahaan yang budayanya formal, untuk perempuan bisa menggunakan sepatu hak tinggi atau pantofel. Namun apabila perushaan yang kamu tuju lebih santai, kamu bisa mengenakan sepatu datar atau model oxford shoes yang terkesan lebih kasual.Kemampuan, kecakapan, dan pengalaman kerja memang merupakan hal utama yang menentukan keberhasilan kandidat untuk di terima di sebuah perusahaan.

Akan tetapi, cara berpakaian juga tidak luput dari penilaian HRD. Sebab hal ini mencerminkan kesungguhan serta profesionalitas calon karyawan.Demikianlah tips berpakaian saat interview kerja yang dapat saya sampaikan,. untuk membuat calon perusaan terkesan, pastikan kamu berpenampilan yang bersih serta rapih, dan jangan lupa semprotkan parfum untuk sentuhan terkahir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here