Beranda Gadgets Ini Dia Keuntungan dan kerugian menggunakan VPN di Android !

Ini Dia Keuntungan dan kerugian menggunakan VPN di Android !

223
0
Ini Dia Keuntungan dan kerugian menggunakan VPN di Android !

Keuntungan dan kerugian menggunakan VPN di Android – Sekarang ini pemakaian VPN ( Virtual Private Network ) pada ponsel pintar OS Android sudah menjadi hal biasa karena telah banyak digunakan oleh hampir semua kalangan dari berbagai profesi. Semua itu bisa terjadi karena disebabkan oleh mudahnya cara penggunaan VPN pada ponsel pintar utamanya Android.

Contoh mudahnya yaitu VPN dapat digunakan dengan gratis cukup bermodalkan kuota internet saja maka sudah bisa mendapatkan VPN dengan cara mengunduh aplikasi VPN gratis yang sudah tersedia di Google Play Store atau Apps Store. Jika sudah selesai mengunduh Aplikasi VPN maka langsung bisa digunakan. Dengan begitu anda sudah dapat menggunakan VPN untuk menjelajah internet dengan jaringan private dan aman.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Akun VPN Sendiri Gratis

Apa itu VPN ?

Untuk anda yang belum mengetahui apa itu VPN ?, berikut pengertiannya. VPN ( Virtual Private Network ) adalah sebuah teknologi jaringan modern yang digunakan untuk mengakses internet di seluruh dunia ( Global ) melalui koneksi aman dan tanpa adanya filter yang seolah – olah koneksi internet menjadi private (Pribadi).

Apa itu VPN ? APa Keuntungan dan kerugian menggunakan VPN di Android ?

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa suatu perangkat apapun yang terhubung dengan internet berpotensi terkena peretasan (Hack). Peretas (hacker) bisa melakukan pencurian data terhadap suatu perangkat komputer bahkan Android.

Ketika anda mengakses internet maka sama halnya anda berjalan menapakkan kaki di lantai yang basah sebab anda meninggalkan jejak kaki yang menurut anda tidak tampak. Nah riwayat anda menjelajah internet tadi meninggalkan jejak berupa IP Address yang bagi orang awam mungkin tidak mengetahuinya.

Beberapa peretas (Hacker) diantaranya memiliki keahlian untuk melacak IP Address terakhir anda. Jika Ip Adrress berhasil terlacak maka kemudian digunakan untuk merusak sistem keamanan komputer dan bisa mencuri data – data penting.

Oleh karena itu untuk mencegah hal yang tidak diinginkan tersebut maka kemungkinan bisa menggunakan VPN untuk menyembunyikan IP perangkat kita. Tetapi dibalik semua itu ada hal lain yang menjadi kekurangan dari sebuah VPN. Dibalik semua terdapat Keuntungan dan kerugian menggunakan VPN di Android.

Baca Juga : Cara Kirim Foto Di WhatsApp Tanpa Menurunkan Kualitas Gambar

Dari kekurangan tersebut terdapat hal yang membuat kita menjadi takut menggunakan VPN karena terkesan sangat berbahaya.

Baiklah mungkin bagi anda yang sudah menggunakan VPN sudah mengathui keuntungan, kelebihan dan kenyamanan menggunakan VPN. Tetapi alangkah lebih baiknya sebelum menggunakan perangkat teknologi apapun anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu anda bisa menghindari hal – hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi kepada anda kapanpun itu.

Nah sebelum anda menggunkan VPN ( Virtual Private Network ) alangkah lebih baiknya anda mengatahui kelebihan dan kekurangan VPN agar lebih mengenal apa itu VPN.

Berikut ini kami rangkum beberapa Keuntungan dan kerugian dari sebuah VPN ( Virtual Private Network ).

Keuntungan menggunakan VPN di Android

1. Akses Sumber Data Dengan Mudah

VPN dapat digunakan untuk mengakses sumber daya / daya / file dengan musah. Contohnya sekarang banyak perusahaan yang memanfaat VPN untuk sharing data dan akses seperti file, aplikasi dan akses printer dalam jaringan kantor sehingga para karyawan dapat mengakses sumber daya tersebut secara aman.

Selain perusahaan anda juga bisa memanfaatkan keuntungan dari kemudahan VPN. Anda dapat mengakses jaringan di Internet secara private bahkan tersembunyi.

2. Dapat mengakses situs diblokir oleh pemerintah

Disini tidak saya sebutkan situs – situs yang diblokir oleh pemerintah. Tetapi pasti salah satu dari anda atau lebih pasti pernah mecoba membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Namun ketikan sudah membuka maka yang muncul adalah peringatan bahwa situs tersebut dilarang.

Bagi orang yang tidak tahu pasti sudah menyerah dengan hal tersebut, sudah berulang kali mencoba namun tetap masih tidak bisa. Tetapi bagin yang teramat penasaran dan pandai pasti berusaha mencari tahu bagaimana cara membukanya. Nah saat itulah VPN bisa diandalkan.

Baca Juga : Cara Agar Jam Online Tidak Tampil Pada Profil WA

3. Mengakses Saluran Luar Negeri

Lebih tepatnya yaitu mengatasi Geoblok. Geoblok adalah sebuah cara yang digunakan untuk mencegah mengakses saluran / layanan berdasarkan letak geografis.

Maka dengan hal tersebut solusinya adalah menggunakan VPN. Contohnya adalah pada saluran netfilx dan hulu plus.

4. Melindungi Data Privasi Online

Dengan VPN anda bisa melindungi data privasi anda ketika sedang menjelajah Internet. Contohnya ketika anda sedang beergian ke suatu tempat yang terdapat layanan WiFi gratis. Wifi tersebut merupakan jaringan yang bersifat umum yang dapat diakses oleh siapapun.

WiFi umum seperti itu sangat rawan terhadap pencurian data, jika ada seseorang mempunyai niat buruk maka data – data kita dapat terancam. Maka solusinya adalah menggunakan koneksi VPN untuk untuk mencegah hal tersebut.

Dengan menggunakah VPN pada jaringan umum maka data privasi online kita akan dienkripsi oleh VPN. Dengan demikian maka VPN dapat membantu mencegah orang usil mengusik data kita.

Kerugian menggunakan VPN di Android

1. Rawan Malware

Inilah salah satu kerugian yang dapat menyebabkan kita sedih yaitu VPN yang mengandung malware. Biasanya malware bisa terdapat pada VPN gratis yang tidak jelas sumbernya dan tentu saja malware bisa menginfeksi perangkat Androdi milik anda.

Efek buruk jika terkena malware yaitu bisa merusak sistem android yang kemudian membuat androi anda bekerja lambat. Lebih parahnya lagi smartphone anda menginstal aplikasi sendiri tanpa anda sadari.

2. Resiko Pencurian Data

VPN bisa melindungi data dari peretas sebaliknya juga VPN dapat menjadi lubang masuk pencurian data. Dalam dunai internet pencurian data memang sudah menjadi masalah yang sering kita jumpai. Bermaksud ingin lebih aman dengan VPN tetapi malah data kita dicuri oleh pembuat aplikasi.

Hal ini bisa terjadi karena setiap anda terhubung ke VPN dair penyedia server VPN maka secara tidak langsung aktivitas anda selama berselancar di internet, mereka dapat membaca dan mereka semua situs yang pernah anda kunjungi.

Begitu juga dengan data finansial seperti akun Banking, Akun Finansial lain yang berhubungan keuangan sangat rawan sekali terhadap pencurian data jika anda menggnakan VPN gratis bahkan belum jelas sumber penyedianya.

Baca Juga : Cara Mudah Download Video Dari Facebook Dengan

3. Ancaman Penjualan Data

Anda pernah kan mendengar berita bahwa perusahaan X menjual data – data penggunanya ? Jika pernah maka inilah resiko kerugian selanjutnya dari penggunaan VPN.

Kasus inipun sudah terjadi dan sudah menjadi “rahasia umum” sebagai contohnya yaitu perusahaan yang memberi layanan seperti Google, Facebook dan WhatsApp secara tidak langsung mengakui telah menjual data penggunanya kepada pihak ketiga.

Hal penjualan data inipun tak luput juga VPN yang bisa saja terjadi penjualan data. Salah satu contoh aplkasi yang telah menjual data penggunanya adalah Hotspot Shield.

4. Akses Data Perangkat

Apakah anda pernah mengalami ketika hendak menginstal aplikasi diminta untuk memberikan otoritas aplikasi tersebut agar bisa mengakses data seperti data kontak, data pesan dan data lainnya ? Jika pernah mulai dari sekarang berhati – hatilah dan tetap waspada. Karena bisa saja data anda diakses oleh aplikasi tersebut.

Iya benar memang tidak semua perusahaan aplikasi menerapkan semacam hal tersebut pada aplikasinya. Namun sebagian besar kebanyakan melakukannya tidak terkecuali aplikasi VPN.

Penjelasan diatas merupakan informasi seputar VPN ( Virtual Private Network ) baik dari segi positif dan dari segi negatif. Maka dengan hal tersebut anda bisa mengambil kesimpulan tentang baik burukanya VPN sehingga anda dapat memutuskan apakah tidak menggunakan VPN ataukah masih tetap menggunakannya.

Apakah penggunan VPN pada laptop atau komputer sama halnya dengan dampak yang terjadi pada Android ? Apakah Kerugian dan Keuntungannya menggunakn VPN di Laptop atau Komputer sama dengan di Android ? Jawabanya adalah sama. Baik itu keuntungan dan kekurangan semuanya dampkanya sama terhadapat Komputer dan Laptop.

Baca Juga : Cara Mudah Menampilkan Kecepatan Internet Di Toolbar Windows 8 – 10

Lalu Bagaiamana Agar Aman Jikan Tetap Menggunakan VPN ?

Nah sedikit saran untuk anda yang ingin menggunakan VPN agar tetap aman. Yaitu :

  1. Cari tahu dulu aplikasi VPN dari rating dan review pengunanya.
  2. Cari tahu perusahaan penyedia VPN yang benar – benar aman dan terpercaya.
  3. Jangan menggunakan Aplikasi dari pihak ketiga ( Bukan dari Play Store atau Apps Store).
  4. Usahakan aplikasi tidak terdeteksi malware oleh sistem keamanan perangkat.
  5. Jika punya dana lebih direkomendasikan untuk menggunakan Aplikasi VPN yang berbayar alias premium.

Nah itulah sedikita saran agar anda terhindar dari kekurangan VPN gratis.

Jika ingin menggunakan VPN gratis maka gunakanlah aplikasi yang anda unduh dari Play Store. Jangan tergiur iming – iming kata pro atau premium full unlimited dari penyedia aplikasi pihak ketiga.

Pasti anda semua aktivitas data seperti akun Bank, Akun Dana Digital, Akun Trading, Akun Bitcoin dan data – data personal hilang dicuri orang.

Kesimpulan : Keuntungan dan kerugian menggunakan VPN

Maka dari itu setelah mengetahui Keuntungan dan kerugian menggunakan VPN di Android. Kita harus benar – benar pintar dan teliti dalam menggunakan VPN agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. tetap hati-hati dan waspada terhadapat keuntungan dan kerugian VPN. Semoga informasi ini bermanfaat !

By : emissimpatikazone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here